5 Jenis Kelelawar yang Tidak Seperti Tapir


bristolzoo.org.uk

1. Rubah terbang berkacamata

Nama umum untuk kelelawar ini juga cukup jelas. Orang-orang ini tinggal di daerah hutan dan hutan hujan di Australia Timur Laut, dan mengandalkan buah-buahan dan bunga hutan hujan untuk makanan mereka. Ibu ini bergaul dengan bayinya. Perawat remaja sampai mereka berusia di atas lima bulan. Ketika mereka disapih, mereka bergabung dengan remaja lainnya di “pohon pembibitan” di mana mereka mendapatkan kekuatan dengan terbang semakin jauh jaraknya dengan koloni pada malam hari.

2. Kelelawar kecil bertelinga kuning selatan

Spesies ini hidup di kawasan Hutan Atlantik di Brasil selatan dan Paraguay timur. Belum banyak yang diketahui tentang spesies ini, tetapi kita tahu satu hal: Lucu.

3. Kelelawar buah sulawesi

Rubah terbang berwajah manis ini adalah spesies dataran rendah di Sulawesi. Ini memiliki toleransi relatif terhadap gangguan manusia dan dapat ditemukan bertengger di pohon-pohon di desa maupun di tegakan bambu. Walaupun mereka sering diburu untuk mendapatkan daging buruan, di beberapa daerah mereka dilindungi karena diyakini kelelawar ini adalah pembawa nasib baik. Mempertimbangkan manfaat yang dibawa kelelawar pemakan buah ke suatu ekosistem, sepertinya ini adalah keyakinan yang bijak.

4. Kelelawar berhidung tombak pucat

Spesies kelelawar Amerika Tengah dan Selatan ini sebagian besar memakan nektar, serbuk sari, dan bunga-bunga tetapi bersifat omnivora dan akan merobek serangga juga. Di beberapa daerah, makanan mereka dapat bergeser dari tanaman ke serangga tergantung pada musim. Spesies ini luar biasa karena memiliki serangkaian panggilan yang luar biasa kompleks, dengan hingga 20 yang berbeda – sama seperti banyak primata non-manusia. Ia juga memiliki kemampuan untuk menilai bentuk objek, bukan hanya ukuran dan lokasi, dengan menggunakan ekolokasi. Secara keseluruhan, ini adalah spesies kelelawar yang menakjubkan dan menggemaskan.

5. Kelelawar buah berpelat gambia

Ibu yang penuh kegembiraan ini memiliki bayi di sisinya. Ditemukan terutama di Afrika, kelelawar ini dapat ditemukan di mana ada pohon ara, jambu, mangga dan pisang, dan menggunakan penglihatan dan penciuman daripada ekolokasi untuk mencari makanan. Mereka melakukan perjalanan dalam kelompok, terbang dalam paket dari bertengger ke tempat makan di malam hari. Mereka akan membawa buah dari pohon dan makan di tempat lain untuk menghindari pemangsa, yang berarti mereka penting untuk penyebaran benih. Faktanya, kelelawar dapat membawa lebih dari satu ton benih dari satu pohon ara liar selama beberapa malam! Gangguan manusia, perusakan habitat dan pestisida yang digunakan pada tanaman buah-buahan semua merupakan ancaman bagi spesies.

Itulah 5 spesies kelelawar yang tidak seperti tapir, tetap kunjungi bukanarjuna.com biar asyik!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>