5+ Alat Musik Pukul Tradisional

Pengertian Alat Musik Pukul

Alat musik adalah alat yang dibuat dengan tujuan menghasilkan musik. Untuk lebih jelasnya, alat musik juga dapat didefinisikan sebagai sesuatu yang dapat menghasilkan musik yang diatur dan diproses oleh seorang musisi.

Salah satu jenis alat musik berdasarkan cara memainkannya adalah alat musik yang telah dipukul. Pengertian instrumen perkusi adalah alat musik yang menghasilkan suara ketika instrumen tersebut mengenai atau memukul. Instrumen yang dipukul dibagi menjadi 2, yaitu nada bukan nada.

Alat Musik Pukul Bernada

Seperti dijelaskan di atas, instrumen yang dipukul dibagi menjadi dua, yaitu selaras dan tidak selaras. Untuk alat musik yang dipukul dengan alat musik tiup, itu adalah alat musik yang dimainkan dengan dipukul, dan dari pukulan itu menghasilkan suara biasa dan memiliki frekuensi tunggal tertentu. Di bawah ini adalah beberapa contoh alat musik yang diluncurkan

1. Kolintang

Alat musik Kolintang adalah alat musik yang dipukul dan berasal dari daerah Minahasa di Sulawesi Utara. Kolintang adalah jenis instrumen perkusi kayu. Biasanya kayu yang digunakan dalam pembuatan kolintang adalah kayu lokal yang ringan tapi tahan lama seperti kayu telur, kayu waru, kayu cempaka dan kayu wenuang.

2. Perangkat gamelan

Instrumen ini biasanya menampilkan gambang, gendang, gong, demung, saron, dan Beijing. Semua instrumen ini terpengaruh. Gamelan adalah alat musik terpadu yang dimainkan berdampingan. Kata gamelan berasal dari bahasa Jawa, gamel yang berarti beat atau beat.

3. Calung

Alat musik ini terbuat dari bambu dan dikembangkan di daerah Banyumas. Cara memainkan alat musik ini adalah dengan memukul bagian bambu yang diatur sesuai skala. Bambu yang digunakan untuk membuat calung biasanya menggunakan awi wulung (bambu hitam) atau dapat menggunakan awi temen (bambu ater yang berwarna hijau).

4. Xylophone

Instrumen ini termasuk dalam kelompok perkusi yang berasal dari Slovakia. Gambang ini berasal dari bahasa Yunani Xylo yang berarti kayu dan telepon yang berarti suara. Instrumen ini terdiri dari aransemen kayu dengan berbagai ukuran. Untuk menghasilkan suara, instrumen ini harus dipukul dengan kelelawar khusus yang disebut malet.

Perangkat Malet Hit terbuat dari kayu, plastik atau karet. Perlu diingat bahwa setiap kayu dalam instrumen ini menghasilkan nada tertentu. Kayu yang lebih panjang akan menghasilkan suara rendah, sementara kayu dengan batang yang lebih pendek akan menghasilkan suara yang pendek.

5. Vibraphone

Alat musik vibraphone ini sering disebut sebagai vibraphone atau getaran. Vibaphone termasuk dalam kelompok keluarga perkusi. Bentuk vibraphone mirip dengan alat musik gambang. Instrumen ini dibuat dengan batang aluminium dan memiliki pedal seperti pada piano.

Saat pedal dinaikkan, batang aluminium dipegang dan menghasilkan suara pendek. Namun, ketika pedal diturunkan, suara yang dihasilkan akan keras. The vibraphone biasanya digunakan untuk mengiringi musik jazz.

6. Bellyra

Instrumen ini adalah instrumen melodi pada drum band. Bellyra terdiri dari beberapa bilah logam dan pada setiap logam dapat menghasilkan nadanya sendiri. Alat musik ini pada intinya digunakan untuk memainkan not melodi, yang merupakan not dari lagu yang dimainkan oleh band drum. Dengan cara ini penonton dapat mengetahui lagu mana yang dinyanyikan.

Sumber: Trifaris.net

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>